Tips Cara Menghemat baterai Smartphone Android

Memiliki Smartphone Android merupakan kesenangan tersendiri bagi penggunanya. Banyaknya fitur yang dimiliki Smartphone Android memudahkan kita dalam pekerjaan sehari-hari. Namun tahukah anda bila Smartphone Android selalu terhubung dengan jaringan internet dapat menyebabkan terkurasnya baterai. Untuk itu kita perlu beberapa trik untuk penghematan baterai Smartphone Android.

Berikut cara menghemat baterai Smartphone Android yang tepat ;

1.Redupkan layar

Semakin cerah tampilan layar, maka semakin cepat baterainya akan habis. Oleh karena itu, redupkan atau matikan layar apabila sedang tidak digunakan.

2.Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Beberapa aplikasi yang dibuka secara bersamaan merupakan salah satu penyebab baterai cepat habis. Oleh karena itu, tutuplah aplikasi yang sudah tidak diperlukan lagi.

3.Matikan GPS

Fasilitas GPS pada hp android seperti kita tahu sangat berguna untuk mencari jalan atau kita sedang tersesat, namun pemakaian GPS tidaklah terlalu sering, kita tidak setiap hari tersesat bukan? Maka matikanlah fasilitas GPS hp android Anda, dan hidupkan hanya bila Anda memerlukannya. Caranya sangat simple yaitu Gulir kebawah pada home screen, tap pada ikon GPS.

4.Matikan fitur getar (vibrate)

Fitur getar (vibrate) terkadang dapat sangat membantu apabila ada panggilan telepon atau pesan yang masuk pada saat pengguna sedang berkendara, rapat, atau tempat lain yang membutuhkan ponsel dalam keadaan "silent".Namun, sebenarnya fitur getaran ini membutuhkan daya baterai lebih banyak dibandingkan ringtone biasa. Berdasarkan fakta tersebut, apabila pengguna sedang tidak membutuhkan fitur ini, sebaiknya fitur getar yang ada di smartphone.

5.Mematikan Fitur Sync (sinkronisasi)

Hp android memudahkan Anda mengetahui notifikasi email, facebook dan aplikasi lain secara live, namun bila Anda sedang tidak terlalu memerlukannya seperti saat liburan atau diperjalanan maka sebaiknya matikan fitur sync ini, namun konsekuensinya Anda tidak akan menerima notifikasi-notifikasi tersebut. Jangan khawatir, Anda tetep bisa melihat update terbaru dengan masuk ke aplikasi  yang Anda ingin lihat updatenya.

6.matikan WiFi & Bluetooth jika tidak digunakan

Hal ini sering terlewat oleh para pengguna hp android, yaitu mematikan WiFi. Saat tidak memerlukan koneki WiFi sebaiknya kita mematikan koneksi WiFi kita. Karena bila WiFi hidup maka hp android kita akan terus aktif mencari sinyal WiFi dan hal ini akan membuat terkurasnya baterai hp android. Begitu juga dengan fasilitas Bluetooth, fasiltas untuk kita dapat bertukar data ini sebaiknya dimatikan bila kita tidak sedang memerlukannya, toh menyalakannya juga tidak repot yaitu dengan Gulir kebawah pada home screen, tap pada ikon bluetooth.

7. Setting ke jaringan 2G jika berada didaerah yang kurang sinyal

Tidak stabilnya sinyal data 3G yang hp android kita tangkap dapat membuat hp kita terus bekerja keras (menguras baterai) mencari sinyal terbaik. maka dari itu setting jaringan anda ke 2G untuk menghemat baterai

8.Jangan “Streaming” di ponsel Anda

Sebaiknya Anda kurangi kegiatan Streaming apabila tidak ingin baterai habis dengan cepat. Menonton video atau mendengarkan musik di YouTube memang menyenangkan, tetapi kegiatan ini akan “memaksa” sistem ponsel terus bekerja dan akhirnya membuat baterai lebih cepat habis.

9.  Install Aplikasi Task Killer atau Baterai Dr. Saver

Aplikasi-aplikasi yang tersedia pada pusat download pada hp android kini banyak yang dirancang untuk meningkatkan kinerja dan menghemat baterai hp android Anda. Contohnya adalah Task Killer atau Baterai Dr. Saver, kedua aplikasi ini berkonsep sama yaitu mematikan aplikasi yang sedang berjalan dibelakang yang tidak terlihat, dengan aplikasi yang tertupu tentunya hp android Anda tidak bekerja terlalu keras sehingga baterai pun dapat lebih dihemat.

0 Response to "Tips Cara Menghemat baterai Smartphone Android"

Posting Komentar

aryo weleh. Diberdayakan oleh Blogger.