Perkembangan Tekhnologi Komputer

Perkembangan Tekhnologi Komputer - Pada awalnya komputer digunakan layaknya menghitung, karena kata komputer sendiri berasal dari kata “to compute” yaitu untuk menghitung. Seiring waktu pun teknologi komputer yang dikembangkan bukan hanya sekedar mesin penghitung tapi juga mesin yang dapat memproses data.

Data yang awalnya berjumlah kecil dan algoritma yang sederhana, perlahan semakin besar dan kompleks. Melihat perkembangan itu, jika disadari setiap masa waktu, memiliki trend perkembangan teknologi komputer yang berbeda sesuai dengan keadaan masa jaman saat itu. Hal tersebut dikarenakan kemampuan teknologi komputer yang berbeda-beda pula.

Komputer pada awalnya adalah sebentuk mesin yang sangat besar. Semakin kompleks kemampuannya, maka semakin beasar pula ukuran komputer tersebut. Bahkan mampu mengisi setengah ruangan kamar kita. Pada saat itu aplikasi atau sistem operasi pilihannya hanyalah sedikit dengan kemampuan yang terbatas pula.

Sistem operasi yang digunakan memiliki fungsi sebagai aplikasi yang membuat agar kita dan komputer bisa berkomunikasi. Salah satu sistem operasi cukup dikenal saat itu bagi para pengguna komputer adalah sistem operasi Unix. Lalu perlahan trend perkembangan teknologi komputer berubah.
Baca : Sejarah Perkembangan Komputer
A. Komputer Semenjak 1950

Sampai tahun 1950-an semua komputer yang digunakan adalah benda kabel raksasa berbasis tabung vakum. Pada tahun 1960, transistor berbasis komputer menggantikan tabung vakum. Transistor terbuat komputer yang lebih kecil dan lebih murah. Mereka membuat komputer hemat energi.

Namun transistor menyebabkan emisi dalam jumlah besar panas dari komputer, yang bisa merusak mereka. Penggunaan transistor menandai generasi kedua dari komputer. Komputer generasi ini menggunakan kartu menekan untuk input. Mereka menggunakan bahasa assembly.

Stanford Research Institute lantas membikin ERMA, Recording Machine Proyek Akuntansi Elektronik, yang ditangani dengan otomatisasi proses pembukuan dalam perbankan.

Pada tahun 1959, General Electric Corporation disampaikan sistem komputasi ERMA kepada Bank of America di California. Selanjutnya selama berturut-turut :

- Penggunaan Sirkuit terpadu diantar dalam generasi ketiga dari komputer. Penggunaannya meningkatkan kecepatan dan efisiensi komputer. Sistem operasi adalah antarmuka manusia untuk operasi komputasi dan keyboard dan monitor menjadi input-output perangkat.
- COBOL, salah satu bahasa komputer awal, dikembangkan pada tahun 1959-1960. BASIC keluar pada tahun 1964. Dan ini dirancang oleh John George Kemeny dan Thomas Eugene Kurtz.
- Douglas Engelbart lantas menemukan prototipe mouse pertama pada tahun 1963. Komputer menggunakan terminal video display (VDT) di hari-hari awal. Penemuan Adapter Color Graphics pada tahun 1981 dan bahwa dari Adapter Graphics Peningkatan pada tahun 1984, baik oleh IBM menambahkan 'warna' untuk menampilkan komputer.
- Sepanjang tahun 1990-an, monitor komputer menggunakan teknologi CRT. LCD diganti dalam tahun 2000-an. Keyboard komputer berevolusi dari mesin ketik awal. Pengembangan perangkat penyimpanan komputer dimulai dengan penemuan Floppy disk, oleh IBM lagi.
- Pada tahun 1968, DEC meluncurkan komputer mini pertama yang disebut PDP-8.
- Pada tahun 1969, pengembangan ARPANET mulai dengan dukungan keuangan dari Departemen Of Pertahanan.
- Ribuan sirkuit terpadu yang ditempatkan ke sebuah chip silikon terdiri mikroprosesor. Pengenalan mikroprosesor adalah ciri khas komputer generasi keempat.
- Intel diproduksi skala besar sirkuit integrasi pada tahun 1971. Mikroprosesor muncul selama tahun 1970-an. Ted Hoff, bekerja untuk Intel memperkenalkan 4-bit 4004.
- Pada tahun 1972, Intel memperkenalkan mikroprosesor 8080.
- Pada tahun 1974, Xerox datang dengan workstation Alto di PARC. Ini terdiri dari monitor, antarmuka grafis, mouse, dan kartu Ethernet untuk jaringan.
- Apple Computers mengeluarkan komputer pribadi Macintosh pada tanggal 24 Januari 1984.
- Pada tahun 1988, lebih dari 45 juta komputer yang digunakan di Amerika Serikat. Jumlah itu naik ke satu miliar pada tahun 2002.
- Komputer generasi kelima dalam tahap pengembangan. Mereka akan mampu melakukan pemrosesan paralel masif, mendukung pengenalan suara dan memahami bahasa alami. Kemajuan teknologi saat ini komputer cenderung untuk mengubah mesin komputasi menjadi orang cerdas yang memiliki keterampilan mengatur diri sendiri. Evolusi komputer akan terus berjalan

B. Personal Computer

Salah satu tokoh yang berhasil mengubah trend perkembangan teknologi komputer adalah Bill Gates, sang punggawa perusahaan yang di dirikannya sendiri, yaitu Microsoft. Dengan usia yang masih sangat muda. Ia pada awalnya mempunyai impian yang sederhana, yaitu berkeinginan bisa membuat setiap rumah memiliki komputer sendiri atau pribadi, dan pada akhirnya yang kita kenal dengan PC (Personal Computer).

Ia mengubah citra komputer yang awalnya hanya mesin yang sederhana dan mempunyai tampilan yang tidak menarik menjadi sebaliknya. Ia telah berhasil membuat komputer menjadi barang yang menarik dan membuat orang-orang ingin memilikinya.

Bentuk komputer pun perlahan berubah. Pada awalnya besar, lalu menjadi kecil hingga bisa ditempatkan pada meja kerja kita. Bahkan bentuknya pun beragam. Dengan lahirnya fenomena Personal Computer (PC) tersebut, muncul pula bagian trend perkembangan teknologi komputer yang lain, yang berperan sebagai pendukung. Seperti halnya, memori penyimpan data, memori pemroses data, dan sebagainya.

C. Perangkat Komputer

Perkembangan hardware pada komputer yang selanjutnya mendorong trend perkembangan teknologi komputer. Media-media penyimpan data yang awalnya hanya mampu dengan ukuran yang terbatas dan sangat kecil. Misal disket hanya mampu menyimpan file yang sangat kecil. Bahkan saat itu ukuran disket sangatlah besar, cukup menyulitkan untuk dibawa.

Lalu pada saat ini, disket sudah tergantikan dengan media penyimpanan lain, seperti USB (Universal Serial Bus), CD (Compact Disc), DVD (Digital Video Disc), memory card, dan sebagainya. Bahkan media-media yang disebutkan tadi perlahan sudah ada yang tertandingi. Teknologi hardware memiliki kecenderungan untuk semakin kecil, tapi memiliki kemampuan yang sangat besar.

Salah satu dampak perkembangan teknologi komputer adalah teknologi game pada komputer. Game pada komputer perlahan semakin semarak, memiliki tampilan grafis yang halus dan sangat cepat.

D. Mobile Computer

Setelah trend perkembangan teknologi komputer pada personal computer bergeser pada teknologi komputer yang dapat dibawa kemana-mana atau dijinjing, yaitu laptop. Penggunaan laptop memungkinkan bagi pengguna untuk melakukan pengoperasian komputer dimana saja dan kapan saja, tanpa harus berada di rumah atau di kantor. Kemudahan itulah yang ditawarkan komputer berjenis mobile.

Selain laptop, lahir pula yang sejenis, yaitu notebook, netbook. Bahkan teknologi komputer pada kemudahan untuk mobile ini yang awalnya berukuran cukup besar, saat ini ukurannya pun beragam dari yang sedang hingga yang mungil. Apalagi didorongnya produsen yang berlomba-lomba menawarkan harga yang ringan, maka semakin banyak pengguna komputer jenis jinjing ini.

Selain itu, trend perkembangan teknologi komputer saat ini memiliki beberapa istilah baru yang diterapkan dalam implementasi teknologi komputer, seperti Green Technology, Cloud Computing, Social Network, mobile computing dan lain sebagainya. Istilah-istilah tersebut dipicu dari perkembangan teknologi komputer.

Jika kita perhatikan, maka sesungguhnya trend perkembangan teknologi komputer mengarah pada yang memudahkan kita dalam pekerjaan, hoby atau bahkan sekedar bermain games. Kemudahan itu pun mengarah pada fungsi, penggunaan, bentuk, kinerja yang semakin baik. Bukan tidak mungkin komputer bisa hanya berupa berada di dalam genggaman.

Ya seperti yang saat ini bisa terlihat pada wujud smartphone. Kelak mungkin kita tidak bisa membedakan antara komputer dan telepon (karena keduanya dalam satu genggaman).

sumber: anneahira.com

0 Response to "Perkembangan Tekhnologi Komputer"

Posting Komentar

aryo weleh. Diberdayakan oleh Blogger.